Banyak statement yang mengatakan pernikahan adalah momen sakral yang harus dilalui dengan sempurna karena hanya terjadi sekali seumur hidup. Jadi sangat beralasan jika segala kebutuhan terkait momen pernikahan harus dipersiapkan dengan matang, misalnya baju pengantin, catering, undangan, dan yang tak kalah penting gedung yang nantinya dijadikan tempat resepsi pernikahan. Oleh sebab itu disini kita akan membahas seputar tips menyewa gedung pernikahan yang mencakup harga sewa gedung, lokasi, dan kapasitas yang harus kita sesuaikan dengan tamu undangan. Pertimbangan sewa gedung ini cukup penting mengingat fasilitas yang disediakan oleh pengelola gedung yang kita sewa, adakalanya tidak sebanding dengan harga sewa yang harus dikeluarkan.

Sesuaikan Konsep dan Kebutuhan

Pada satu moment pernikahan sudah pasti kita dihadapkan pada pilihan konsep atau tema, apakah prosesi pernikahan akan dilangsungkan dengan sederhana atau mewah. Hal ini harus kita pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah gedung pernikahan. Tentunya tema atau konsep yang kita pilih sesuai dengan budget yang kita persiapkan. Intinya disini mewah atau sederhana sebuah prosesi pernikahan, sangat mempengaruhi besar kecilnya gedung yang harus disewa sebab ini juga berkaitan dengan jumlah tamu yang diundang. Jadi apabila konsep pernikahan sudah ditentukan, maka sedikit banyak kita sudah memiliki gambaran mengenai kapasitas gedung yang harus disewa.

Langkah awal untuk mendapatkan gedung pernikahan yang tepat atau sesuai konsep adalah dengan terlebih dulu mencari gedung yang disewakan dan paling dekat dengan lokasi rumah. Rasanya tidak lucu jika resepsi pernikahan harus diselenggarakan di gedung yang jauh dari tempat tinggal kita. Perlu kita ketahui setiap gedung yang biasanya disewakan untuk berbagai macam acara (termasuk acara resepsi pernikahan) umumnya memiliki karakteristik berbeda. Demikian juga masalah fasilitas yang disediakan biasanya juga cukup variatif. Tugas kita adalah mendata semua gedung yang bisa disewa untuk kemudian memilih satu yang paling pas sesuai kebutuhan dan budget yang kita sediakan tentunya.

Tips Memilih Sewa Gedung Pernikahan

Meskipun semua data gedung yang disewakan sudah terkumpul namun kita tetap harus selektif memilih satu diantaranya. Cara paling efektif untuk memastikan bahwa kita tidak salah pilih adalah dengan mengunjungi gedung satu persatu. Dengan demikian kita tidak hanya bisa membayangkan atau menebak-nebak model dan luas gedung. Dengan survey secara langsung kita bisa melihat apa saja fasilitas yang tersedia untuk kemudian membandingkan apakah fasilitas tersebut mampu mengakomodasi semua kebutuhan pada saat acara berlangsung. Untuk tahap survey ini kita harus mempelajari secara detail bahkan untuk fasilitas paling sederhana sekalipun. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan adanya ketidaknyamanan tamu undangan karena fasilitas gedung yang kurang memadai.

Bagian dari tips menyewa gedung pernikahan tahap selanjutnya adalah menanyakan beberapa hal pada pihak pengelola gedung terkait acara resepsi pernikahan. Pertanyaan yang wajib kita ajukan adalah berapa harga sewa gedung dan berapa paket yang disediakan untuk acara pernikahan. Selanjutnya kita juga perlu tahu apakah pihak pengelola gedung juga menyediakan jasa catering atau kita harus mencari jasa catering sendiri diluar harga paket sewa gedung. Hal lain yang perlu ditanyakan, berapa jam dalam satu sesi acara pernikahan serta apakah ada staf gedung yang stanby di lokasi jika sewaktu-waktu kita membutuhkan bantuan mereka. Sekarang banyak sekali oknum pengelola gedung yang biasanya meminta biaya tambahan diluar harga paket sewa gedung. Kemungkinan tersebut harus diantisipasi dengan menanyakan langsung pada pihak pengelola apakah ada biaya lain-lain diluar harga paket yang sudah kita bayarkan.
Keuntungan Sewa Gedung untuk Pernikahan

Gedung termasuk tempat untuk pernikahan yang mampu memberi fleksibilitas paling maksimal namun kadang juga rumit jika tanpa struktur yang terkonsep. Wedding di gedung membuat calon pengantin bebas menentukan vendor yang dinginkan dengan lebih leluasa, misalnya vendor dekorasi, vendor catering, ataupun vendor-vendor lain yang termasuk pendukung suksesnya acara pernikahan. Intinya mau memakai busana pengantin apa saja lebih mudah diatur. Atau jamuan dengan sistem table atau prasmanan semua bisa disesuaikan. Intinya dengan sewa gedung sangat memudahkan bagi pengantin untuk tetap full-control terhadap proses wedding-nya terutama dalam masalah konsep, pilihan vendor, serta budget.

Untuk tips menyewa gedung pernikahan kadang juga ditawarkan Resto, Sport Club, dan Ballroom yang masing-masing memberi fasilitas untuk pernikahan dalam bentuk paket yang variatif. Ada yang menawarkan gedung + catering saja namun banyak juga yang langsung include sejumlah kebutuhan wedding seperti dekorasi, perias pengantin, mobil pengantin, band, dan lain sebagainya. Paket include ini tentu saja cocok untuk calon pengantin yang tidak mau dipusingkan dengan kebutuhan wedding yang banyak dan cukup rumit. Namun paket include sendiri kadang memberi nilai minus karena tidak adanya fleksiblitas. Sering pengantin merasa kurang cocok dengan paketan, misalnya dekorasi yang kurang sreg di hati atau tata rias dan mobil pengantin yang jauh dari harapan

  1. fredysukiman
    Review
    oleh

    Cukup Membantu sih,tapi Ga di up date misalnya tahun2014 harga sewa segini,kalau2015 sedini 2016 naik segini jadi inflasi 10-25%pertahun ini misalnya hanya contoh

    1. Nyewain
      Review
      oleh

      Terima kasih telah membaca artikel kami dan memberikan masukan :). Masukan dari Anda sangat berharga sekali dan kami sangat mengapresiasi. Untuk berikutnya kami akan berusaha menyempurnakan dengan mengulas harga-harga sewa seperti masukan @fredysukirman.

Buat Balasan